Sejarah Berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta
Riwayat
keraton Surakarta di awali oleh seorang panglima Tamtama ( pasukan
khusus) kerajaan Pajang yang bernama Ki Ageng Pamanahan. Beliau adalah
orang yang tekun dan tertib serta taat pada kerajaan Pajang. Dan atas
jasa – jasanya ia diberikan tanah di daerah Mataram yang semula adalah
hutan belukar.Di atas tanah di tengah hutan ini beliau mendirikan padepokan yang semakin lama semakin besar dan membentuk pedukuhan. Beliau mendapat gelar Ki Ageng Mataram. Namun setelah wafatnya Ki Ageng Mataram putra beliau Ngabehi Sutowijoyo atau Ngabehi Loring Pasar diangkat sebagai anak oleh sultan Pajang dan juga ditunjuk menjadi pengganti ayahnya sebagai pengemban kekuasaan di Mataram dan juga mendapatkan pangkat sebagai Panglima Tamtama yang bergelar Senopati Ing Ngalogo
Setelah Sultan Pajang Prabu Hadiwijoyo wafat, Senopati Ing Ngalogo membangun keraton Mataram menggantikan ayah angkatnya dan mengambil gelar Panembahan Senopati Ing Ngalogo pada tahun 1511 jawa atau tahun 1685 masehi. Keraton Mataram dibangun pada tahun 1586 – 1678. dan kemudian setelah tahun 1670 Masehi kraton Mataram yang lama dipindahkan ke daerah yang bernama Wonokarto dan beliau memberi nama Keraton Kartosuro Hadiningrat pada tahun 1670 masehi dan beliau menggunakannya sampai tahun 1745 Masehi.
Keraton Kasunanan juga disebut Keraton Surakarta Hadiningrat, dibangun pada tahun 1745 oleh Raja Paku Buwono ke II. Secara harafiah “suro” berarti gagah berani, “karto” – makmur, “hadi” – besar, dan “rat” berarti negara. Jadi Surakarta Hadiningrat dapat diartikan sebagai “negara besar yang gagah berani dan makmur”. Ini merupakan pokok keraton Surakarta, dan dibangun pada waktu bersamaan dengan kota ini ditemukan.Kota itu dihiasi dengan patung batu pualam, rangka batu dan relief kuno. Di dalam istana atau keraton, dapat ditemukan galeri seni yang menawan dan museum dengan pusaka-pusaka kerajaan yang menawan, tempat kereta dan kusir-kusirnya, senjata kuno dan keris, serta barang-barang antik. Di halaman istana didominasi oleh sebuah menara bernama Panggung Sanggabuwono, menara yang misterius tempat bertemu antara Raja dengan Kanjeng Ratu Kidul yaitu Penguasa Laut Selatan. Tidak ada tempat yang lain di Indonesia dapat ditemukan sebuah monumen yang bermartabat dan penuh kedamaian, untuk tradisi, seni dan budaya kerajaan klasik Jawa.
Kemegahan Arsitektual Keraton Surakarta
Keraton (Istana) Surakarta merupakan salah satu bangunan yang eksotis di zamannya. Salah satu arsitek istana ini adalah Pangeran Mangkubumi (kelak bergelar Sultan Hamengkubuwono I) yang juga menjadi arsitek utama Keraton Yogyakarta.Oleh karena itu tidaklah mengherankan jika pola dasar tata ruang kedua keraton tersebut (Yogyakarta dan Surakarta) banyak memiliki persamaan umum.
Seperti halnya Keraton Surakarta Hadiningrat, adalah sebuah tempat yang mempunyai makna spiritual yang tinggi. Menurut kepercayaan tradisonal Jawa, angka 7 merupakan angka yang sempurna. Itulah kenapa Candi Borobudur misalnya, mempunyai 7 tangga dan 7 gerbang. Begitu juga dengan Keraton Surakarta Hadiningrat yang mempunyai 7 pelataran dan 7 gerbang.
Tujuh pelataran yang ada di Keraton Surakarta Hadiningrat adalah:
1. Pamuraan Njawi
2. Pamuraan Nglebet
3. Alun-alun Lor
4. Siti Hinggil
5. Kemandungan
6. Sri Manganti
7. Plataran
Dan tujuh gerbangnya adalah:
1. Gladag
2. Gapuro Pamuraan
3. Kori Wijil
4. Kori Brojonolo
5. Kori Kamandungan
6. Kori Mangun
7. Kori Mangarti
Kalau kita perhatikan, ada banyak kesamaan antara Keraton Surakarta Hadiningrat dengan Keraton Yogyakarta Hadiningrat. Keduanya memiliki tembok tebal yang mengelilingi jalan kecil dan halaman di dalam keraton. Mereka juga mempunyai dua buah lapangan besar, sebuah mesjid, dan komplek kediaman keraton sebagai pusatnya. Perbedaan yang paling mendasar dari keduanya adalah bahwa Surakarta tidak mempunyai jalan besar (utara dan selatan) yang biasa dilalui oleh arak-arakan.
Apabila kita memasuki komplek Keraton Surakarta dari bagian depan keraton, kita akan sampai di Alun-alun Utara. Di tengah Alun-alun, ada dua pohon beringin yang melambangkan perlindungan dan keadilan.
Di situ kita juga bisa menemukan Bangsal Sasono Semowo atau Pagelaran yang letaknya menghadap ke Alun-alun. Di masa lalu bangsal ini digunakan sebagai tempat Susuhunan atau raja mengirim dan menerima pesan dari para pemegang pemerintahannya, yang dibacakan oleh Patih (Perdana Menteri).
Terus ke arah selatan, kita akan sampai di Siti Hinggil (tanah tinggi), tempat dimulainya upacara Garebeg. Garabeg adalah sebuah upacara besar yang dilangsungkan 3 kali setahun pada hari-hari raya Islam, yaitu Maulud pada tanggal 12 Rabiulawal, Puasa, tanggal 1 Syawal, dan Besar, tanggal 10 Zulhijah.
Melewati gerbang utama yang bernama Kori
Brojonolo, kita akan sampai di pelataran Baluwerti. Kori Brojonolo
didirikan pada zaman Susuhunan Pakubuwono III, bersamaan dengan
dibangunnya tembok Baluwerti, yang awalnya hanya terbuat dari bambu.
Secara harafiah, “brojo” berarti senjata tajam, dan “nolo” berarti hati. Maksudnya adalah ketika memasuki Baluwerti (Cepuri Keraton), hendaknya kita menggunakan ketajaman hati, atau “landeping rasa” dalam bahasa Jawa.
Sebelum
kita melangkah melewati pintu gerbang, di sebelah kiri dan kanan kita
akan melihat dua buah bangsal kecil yang bernama Bangsal Brojonolo
(semacam pos jaga yang terletak di kiri dan kanan gerbang. Satu untuk
golongan Keparak Kiwo, dan satu lagi untuk golongan Keparak Tengen).
Di sebelah dalam Kori Brojonolo, juga ada
dua bangsal kecil bernama Bangsal Wisomarto, yang juga berfungsi
sebagai pos jaga bagi golongan keparak Kiwo dan Keparak Tengen. Secara
harafiah “wiso” berarti bisa/racun, dan “marto” berarti penawar. Maksudnya adalah, segala niat buruk hendaknya kita tinggalkan atau menjadi luluh ketika kita menuju Keraton.
Terus ke arah selatan, kita akan sampai di pintu gerbang Kori Kamandungan. Di situ ada sebuah cermin besar. Di situ pula lah hendaknya kita “bercermin”, apakah wujud beserta pakaian kita telah cukup rapi, sehingga kita memang pantas untuk masuk ke dalam Keraton. Ketika itu jugalah kita diharapkan menginstrospeksi diri, apa sebenarnya kekurangan kita selama ini.
Setelah kita “bercermin”, dan kemudian melanjutkan perjalanan kita, maka kita akan sampai di Pelataran Baluwerti atau Pelataran Kemandungan. Di sini kita akan menemukan bangunan-bangunan Jawa berbentuk limasan yang dulu digunakan antara lain sebagai tempat para bupati menghadap raja, dan tempat pelantikan para perwira atau opsir.
Terus ke arah selatan, kita akan sampai di pintu gerbang Kori Kamandungan. Di situ ada sebuah cermin besar. Di situ pula lah hendaknya kita “bercermin”, apakah wujud beserta pakaian kita telah cukup rapi, sehingga kita memang pantas untuk masuk ke dalam Keraton. Ketika itu jugalah kita diharapkan menginstrospeksi diri, apa sebenarnya kekurangan kita selama ini.
Setelah kita “bercermin”, dan kemudian melanjutkan perjalanan kita, maka kita akan sampai di Pelataran Baluwerti atau Pelataran Kemandungan. Di sini kita akan menemukan bangunan-bangunan Jawa berbentuk limasan yang dulu digunakan antara lain sebagai tempat para bupati menghadap raja, dan tempat pelantikan para perwira atau opsir.
Salah
satu yang menarik adalah sebuah panggung bersisi delapan yang bernama
Panggung Songgobuwono, Sebagian orang percaya bahwa tempat ini digunakan
oleh Sri Susuhunan melanjutkan tradisi para pendahulunya untuk bertemu
dengan Kanjeng Ratu Kidul (Ratu Pantai Selatan). Hal ini paling tidak
dilakukan pada saat perayaan hari penobatan/ pengangkatan beliau sebagai
raja.
Kalau kita terus berjalan ke arah selatan, kita akan sampai
di pintu gerbang Kori Sri Manganti. Atap Kori Sri Manganti berbentuk “Semar Tinandu”,
dan di atas pintu terdapat lukisan lambang kerajaan Jawa, Sri Makuta
Raja, sedangkan di sebelah kanan-kiri pintu terdapat lukisan Kapas Pari
yang melambangkan kemakmuran. Sebelum memasuki Kori Sri Manganti, kita
juga akan melihat sebuah cermin besar, dan sekali lagi kita dimohon agar
mau mengoreksi lahir maupun batin kita. Setelah “bercermin”, baru kita
masuk ke Kedaton. Hal ini juga dilakukan bagi mereka yang ingin
menghadap Sri Susuhunan.Di luar maupun di dalam pintu terdapat bangsal bernama Bangsal Sri Manganti. Secara harafiah “sri” berarti raja, dan “manganti” berarti menanti/menunggu. Di sinilah tempat orang menunggu sebelum diperkenankan masuk ke Keraton, atau ketika ingin menghadap Sri Susuhunan. Sri Susuhunan juga menggunakan tempat ini untuk menunggu bila ada tamu atau raja lain yang ingin bertemu beliau.
Akhirnya, sampailah kita di Pelataran Kedaton, bagian utama Keraton. Dari timur ke barat, kita akan melihat beberapa bangunan Jawa (”Kedaton Jawa”). Salah satunya adalah Maligi, sebuah bangunan Jawa berbentuk limasan jubang, tidak berserambi, bertiang delapan, yang didirikan di tahun 1882. Tempat ini digunakan untuk mengitankan putera Sri Susuhunan. Berdasarkan falsafah Jawa, seorang ibu yang hendak melahirkan anaknya, harus berbaring dengan kepala di barat (bahasa Jawa: “mujur ngulon”), sehingga sang anak akan lahir menghadap timur dimana matahari terbit. Itulah kenapa upacara khitanan dilakukan pagi hari, saat matahari terbit, dan yang dikhitan pun duduk menghadap timur.
Di tengah-tengah Pelataran Kedaton, terdapat sebuah pendopo besar berbentuk joglo pengrawit dengan serambi, yang disebut Sasono Sewoko. Secara harafiah “sasono” berarti tempat, dan “sewoko” berarti menghadap ke satu arah, Tuhan Yang Maha Esa.
Pendopo Agung Sasono Sewoko dipakai Sri Susuhunan untuk bersemedi (meditasi), mengheningkan cipta, memohon kesejahteraan bagi seisi Keraton. Tempat ini juga digunakan untuk Sri Susuhunan bertemu atau bertatap muka dengan keluarganya, abdi dalem, bahkan rakyatnya.
Bangunan lain yang berada di komplek Kedaton ini adalah Sasono Handorowino, tempat Sri Susuhunan menerima para tamu, dan makan bersama (bahasa Jawa: “kembul bujono”). Awalnya orang menyebut tempat ini Pendopo Ijo, karena dahulu bercat hijau.
Satu bangunan yang juga menarik untuk dikunjungi adalah apa yang disebut dengan Pringgitan, sebuah pendopo kecil yang dipakai untuk pertunjukan wayang kulit.
Sekarang kita tinggalkan Kedaton, dan terus melangkah ke selatan. Kita akan sampai di Magangan, sebuah halaman yang biasa dilewati oleh para petinggi Keraton menuju tempat suci (tempat bermeditasi). Di sana ada sebuah paviliun yang digunakan oleh putri bermeditasi.
Dari sini, kita melangkah terus selatan. Sampailah kita di gerbang Kori Brojonolo, pintu masuk ke Siti Hinggil Selatan. Keluar dari Siti Hinggil Selatan, kita sampai di Alun-alun Selatan. Alun-alun bisa dibilang sebagai suatu tempat atau ajang pertempuran, dimana setiap musuh yang datang diserang dari sini. Jalan yang mengelilingi Alun-alun disebut Supit Urang (”supit” berarti penjepit; dan “urang” berarti udang), yang melambangkan taktik untuk mengalahkan para pengacau atau penyelundup.
Beberapa pasukan prajurit disiapkan di Pagelaran dan di depannya (”gelar” berarti formasi pasukan). Di sinilah taktik pertempuran diputuskan. Sementara itu pasukan cadangan disiapkan di Pelataran Kemandungan, dan untuk tempat beristirahat, mereka menggunakan Pelataran Sri Manganti.
Promosi Wisata Sejarah Keraton Kasunanan Surakarta
Dalam rangka untuk mempromosikan Keraton Surakarta sebagai tujuan wisata sejarah di Indonesia, maka pihak Keraton Surakarta bekerjasama dengan dinas kementrian kebudayaan dan pariwisata RI serta kerjasama dari pemerintah Kota Surakarta sering kali mengadakan pekan promosi wisata sejarah Keraton Kasunanan Surakarta.
Kegiatan ini intinya adalah exibition dan performing art, ditampilkan industri wisata solo raya juga kerajianan dan ekonomi kreatif berbasis budaya dan tentu saja sesuai judul kegiatan ditampilkan juga kesenian adiluhung dari kraton surakarta.sambutan yg sangat positif dari masyarakat mendorong para penyelengara untuk mengadakan kegiatan serupa yang lebih besar dimas yang akan datang.Agar kita-kita bisa lebih menghargai dan melestarikan kebudayaan-kebudayaan warisan nenek moyang kita.
jayalah negeriku..lestarilah budayaku (copas)
http://batokcraftsolo.com/store
Tidak ada komentar:
Posting Komentar